Rahasia hidup

December 13, 2009


Ketika seorang lahir dari rahim seorang ibu, dia tidak tahu apapun tentang dunia yang ada di sekelilingnya. Bahkan dia tidak tahu mengapa dia harus lahir dari seorang ibu A bukan B atau C. Demikian juga dia tidak tahu mengapa dia harus lahir di tengah keluarga E bukan F atau G. Katidak hauan menyebabkan anak belajar dari sekelilingnya mulai mengenal satu persatu lingkungan yang ada di sekelilingnya. Keberterimaan seorang anak akan realitas hidup di sekelilingnya, juga m"Hidup adalah Rahasia"engasah dia untuk peka dan juga belajar menerima dengan penuh rasa syukur terhadap yang ia dapat.

Ketika seorang anak petani lahir, dia tidak tahu dan tidak pernah protes mengapa dia dilahirkan dari seorang ibu yang petani, bukan saudagar, atau pejabat. Dan kasih sayang seorang ibu juga tidak pernah berkurang karena label yang berbeda. Ini artinya membesarkan buah hati dan juga menanamkan rasa kasih sayang tidak bisa serta merta dengan tumpukan harta yang berlimpah dan juga jabatan yang tinggi. Kasih sayang adalah ranah hati nurani dan jiwa,  bukan ranah materi dan simbol duniawi. Sehingga tidak beralasan ketika seorang orang tua harus membuang anaknya yang baru lahir karena persoalan ekonomi, demikian juga seorang anak tidak beralasan untuk tidak hormat dengan orang tua karena mereka miskin dan rendahan.

Hidup adalah misteri kata orang tua, hidup adalah rahasia ilahi kata seorang ustad menyiratkan suatu fakta bahwa hidup memang betul penuh rahasia, tak seorang pun tahu takdir hidupmnya di masa yang akan datang. Si bayi yang lahir sudah tahu akan takdir hidupnya di tengah keluarga miskin dan tidak mampu, mungkin dia tidak akan pernah mau keluar dan dilahirkan.  Manakala seseorang sudah tahu akan takdir hidupnya dengan bergelimang harta, pasti dia tidak akan pernah termotivasi untuk bekerja keras dan membanting tulang.

Rahasia hidup atau misteri kehidupan mengantarkan manusia untuk berjuang dan terus berjuang untuk menggapai kebahagiaan. Kapan perjuangan itu akan berakhir, dan kapan kebahagian hidup manusia akan tercapai ini juga menjadi rahasia manusia. Manusia juga tidak pastinya seberapa kebehagian yang ia harus peroleh dan dapatkan dari perjuangan yang telah ia korbankan.  Manusia akan senantiasa bergulat untuk meraih keinginannya, cita-citanya, mimpi-mimpinya. Karena ini semua akan memeberikan motivasi untuk berkarya yang terbaik sampai ketidakmampuan untuk menghasilakan sesuatu, yang kemudian berakhir dengan kematian.

Mungkin puncak kebahagian manusia adalah ketika dia meninggalkan bumi ini dia telah berkarya dan juga ikut berperan dalam ranah kehidupan keluarga maupun social. Nilai penghargaan dari lingkungan keluarga dan juga masyarakat menghantarkan kebahagian dan ketenangan seseorang  ketika dia menghadap Tuhan-nya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: